Albert Bandura " Social Learning Theory "

 


Albert Bandura  " Social Learning Theory "

Ella sapulette

163104201128

Dosen pengampuh : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A


Social learning theory adalah teori dari Albert Bandura (1977) . menurut Bandura , manusia mempelajari sesuatu dengan cara menirukan perilaku orang lain. Teori sosial learning tidak tercipta untuk menggantikan classical dan operant conditioning dapat dapat terjadi selama terjadi selama proses meniru. Teori social learning ini juga dikenal dengan nama observational learning . social learning theory atau teori belajar sosial , adalah pengembangan dari karya Cornell Montgomery (1843-1904).

Bandura, sebagai sorang behavioristik, percaya bahwa perkembangan kognitif saja tidak cukup menjelaskan perilaku pada anak. Ia yakin , proses meniru juga berpengaruh terhadap perkembangan mereka. Bandurua menyempurnakan teori beljar sosial dengan menambahkan aspek perilaku dan kognitif. Behaviorral Learning (belajar perilaku) berarti lingkungan menyebabkan seseorang melakukan perilaku tertentu. Beljar kognitif berarti bahwa faktor psikologis pun punya andli dalam mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku.

Namun, Bandura juga menjelakan bahwa kemampuan kognitif juga mempengaruhi proses balajar. Ini, terutama ketika ia melihat eksperimen boneka bobo, dimana anak memperhatikan perilaku berbeda setelah diperlihatkan tayangan.

Manusia dappat meniru, namun ia juga punya kemampuan memilih dan memilah perilaku apa yang mau ia pelajari. Kecakapan memilah dan memilih inilah aspek kognitif yang dimaksud.

Belajar observasional merupakan konsep dasar social learning theory Bandura . belajar observasional berarti seorang individu mendasari pengetahuannya dengan mengobservasi orang lain di dalam lingkungan.

Seorang individu akan mengenali perilaku orang lain, menyesuaikan dengan dirinya , lau menirukan perilaku tersebut di masyarakat. Semua yang ia ketahui berasal dari perilaku orang-orang di sekitar.

Bandura (1977) berkata behwa manusia sesunggunya adalah prosesor aktif. Manusia tidak sekedar meniru, ia memikirkan konsekuensi dari perilaku yang akan ia tiru. Menurut Bandura, ada tiga model yang ditiru dalam observational/sosial learning.  

-         -  Model langsung : seorang yang nyata , berada didekat peniru , melakukan suatu perilaku.

-          - Model instruksi verbal : seseorang menyebut perilaku dan ciri-cirinya secara detail

-         -  Model simbolik : karakter (nyata/fiktif) yang menampakan perilaku melalui media. Bisa berupa buku, video atau film. 



Referensi :

Janet Lesilolo, Herly. (2018). Penerapan Teori Belajar Albert Bndura dalam proses belajar mengajar di sekolah . Kenosis, Vol. 4 No.2

Mukdid. (2009). Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap pendidikan. Tadris, vol 4. No 1.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI KEPRIBADIAN GORDON W ALLPORT

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B CATTELL

TEORI SOSIAL LEARNING WALTER MISCHEL & MARTIN SELIGMAN