Albert Bandura " Social Learning Theory "
Albert Bandura " Social Learning Theory "
Ella sapulette
163104201128
Dosen pengampuh : Fx.
Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A
Social learning theory adalah teori dari Albert Bandura (1977) . menurut Bandura , manusia
mempelajari sesuatu dengan cara menirukan perilaku orang lain. Teori sosial
learning tidak tercipta untuk menggantikan classical dan operant conditioning
dapat dapat terjadi selama terjadi selama proses meniru. Teori social learning
ini juga dikenal dengan nama observational learning . social learning theory
atau teori belajar sosial , adalah pengembangan dari karya Cornell Montgomery (1843-1904).
Bandura, sebagai sorang
behavioristik, percaya bahwa perkembangan kognitif saja tidak cukup menjelaskan
perilaku pada anak. Ia yakin , proses meniru juga berpengaruh terhadap
perkembangan mereka. Bandurua menyempurnakan teori beljar sosial dengan
menambahkan aspek perilaku dan kognitif. Behaviorral Learning (belajar
perilaku) berarti lingkungan menyebabkan seseorang melakukan perilaku tertentu.
Beljar kognitif berarti bahwa faktor psikologis pun punya andli dalam
mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku.
Namun, Bandura juga menjelakan
bahwa kemampuan kognitif juga mempengaruhi proses balajar. Ini, terutama ketika
ia melihat eksperimen boneka bobo, dimana anak memperhatikan perilaku berbeda
setelah diperlihatkan tayangan.
Manusia dappat meniru, namun ia
juga punya kemampuan memilih dan memilah perilaku apa yang mau ia pelajari. Kecakapan
memilah dan memilih inilah aspek kognitif yang dimaksud.
Belajar observasional merupakan
konsep dasar social learning theory
Bandura . belajar observasional berarti seorang individu mendasari pengetahuannya
dengan mengobservasi orang lain di dalam lingkungan.
Seorang individu akan mengenali
perilaku orang lain, menyesuaikan dengan dirinya , lau menirukan perilaku
tersebut di masyarakat. Semua yang ia ketahui berasal dari perilaku orang-orang
di sekitar.
Bandura (1977) berkata behwa
manusia sesunggunya adalah prosesor aktif. Manusia tidak sekedar meniru, ia
memikirkan konsekuensi dari perilaku yang akan ia tiru. Menurut Bandura, ada
tiga model yang ditiru dalam observational/sosial
learning.
- - Model langsung : seorang yang nyata , berada
didekat peniru , melakukan suatu perilaku.
- - Model instruksi verbal : seseorang menyebut
perilaku dan ciri-cirinya secara detail
- - Model simbolik : karakter (nyata/fiktif) yang
menampakan perilaku melalui media. Bisa berupa buku, video atau film.
Referensi :
Janet Lesilolo, Herly. (2018).
Penerapan Teori Belajar Albert Bndura dalam proses belajar mengajar di sekolah
. Kenosis, Vol. 4 No.2
Mukdid. (2009). Perspektif Teori
Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap pendidikan. Tadris, vol 4. No 1.

Komentar
Posting Komentar